Sunday 20 April 2014

Puasa Rajab dan Hukumnya

Puasa Rajab
Assalamu alaikum warohmatullah wabarokatuuh,,

Saudara-saudariku,
Bulan Rajab merupakan salah satu bulan Haram (bulan yang mulia). Keutamaan berpuasa pada bulan haram juga diriwayatkan dalam hadis sahih imam Muslim. Bahkan  berpuasa di dalam bulan-bulan mulia ini disebut Rasulullah sebagai puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan

Nabi bersabda : “Seutama-utama puasa setelah Ramadan adalah puasa di bulan-bulan al-muharram (Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan  Rajab)."

Berdasarkan kalender umat Islam, 1 Rajab 1435 Hijriah jatuh pada tanggal 30 April 2014. Bulan Rajab ini biasanya dimanfaatkan oleh sejumlah umat muslim untuk melaksanakan ibadah puasa. Mau tahu apa pahala orang yang berpuasa di bulan Rajab?

Puasa di bulan Rajab hukumnya adalah sunnah. Bagi Anda yang menjalankan tentu akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Sementara yang tidak berpuasa pada bulan Rajab tidak akan mendapat apa-apa (juga tidak berdosa).

Meskipun hukumnya sunnah, puasa di bulan Rajab ini sangat dinanti banyak umat muslim. Allah SWT sudah menyiapkan pahala yang sangat besar untuk orang yang melaksanakannya.
“Barangsiapa berpuasa sehari di bulan Rajab, maka ia laksana berpuasa setahun, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya 7 pintu neraka jahanam. Bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga. Dan bila puasa 10 hari maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya,” 
(HR. AT-Thabrani dari Sa’id bin Rasyid)

Sementara itu, hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah menyatakan, “Barang siapa puasa pada tanggal 27 Rajab, Allah mencatatnya sebagaimana orang yang puasa selama 60 bulan.”

Sabda Rasulullah SAW lagi : “Pada malam mi’raj, saya melihat sebuah sungai yang airnya lebih manis dari madu, lebih sejuk dari air batu dan lebih harum dari minyak wangi, lalu saya bertanya pada Jibril a.s.: “Wahai Jibril untuk siapakan sungai ini ?”Maka berkata Jibrilb a.s.: “Ya Muhammad sungai ini adalah untuk orang yang membaca salawat untuk engkau di bulan Rajab ini”.

Meskipun hukumnya sunnah, puasa di bulan Rajab ini banyak pahala dan keutamaannya. Untuk itu, marilah kita perbanyak berpuasa di bulan Rajab yg akan datang. Dan semoga Allah SWT berkenan mengampuni dosa-dosa kita dan memasukkan kita ke dalam golongan hamba-hambaNya yang bertakwa.
Aamiin Ya Rabbal 'alamiin..

0 comments:

Post a Comment