Thursday 3 April 2014

Ikhlas yang Dapat Menaklukkan Iblis







 Assalamu alaikum warohmatullah wabarokatuuh..


Saudara-saudariku yang dirahmati Allah,,,

"Iblis sangat gigih dalam usahanya untuk menyesatkan kita, berbagai cara dan tipu daya dilancarkan iblis dan anak buahnya agar dapat menyesatkan kita. Namun tahukah kita, ternyata iblis tidak akan dapat menyesatkan dan menggoda seseorang yang ibadahnya ikhlas semata-mata hanya untuk Allah SWT."

Ibnu Qudamah menyebutkan suatu riwayat dari al Hasan berkata,”Dahulu pernah ada satu pohon yang disembah selain Allah swt, maka datanglah seorang laki-laki yang mengatakan,”Aku pasti akan menebang pohon ini.” Maka ia pun mendatanginya dan ingin menebangnya semata-semata murka karena Allah. Setan yang menyerupai manusia mencoba menghampirinya dan berkata,”apa yang engkau inginkan?’ laki-laki itu menjawab,’Aku ingin menebang pohon ini yang disembah selain Allah.’ Lalu setan berkata,’Jika memang engkau tidak menyembahnya maka pohon yang disembah ini pun tidak akan merugikanmu?

Laki-laki itu berkata,’Aku pasti menebangnya.’ Setan pun berkata lagi kepada laki-laki tersebut,’apakah engkau mau sesuatu yang lebih baik daripada menebang pohon ini, jika kamu tidak menebangnya maka kamu akan mendapatkan dua dinar pada esok hari dari bawah bantalmu.’ Laki-laki itu mengatakan,’siapa yang memberikan itu kepadaku.’ Setan menjawab,’aku’.
Lalu laki-laki itu pun kembali pulang dan pada keesokan harinya dia mendapati dua dinar dari bawah bantalnya.

Kemudian pada esok harinya lagi dia tidak mendapati lagi ada dua dinar di bawah bantalnya, maka ia pun murka dan ingin menebang pohon itu. Maka setan kembali menyerupai manusia dan menemuinya, setan berkata,’apa yang kamu inginkan?’ dia berkata,’Aku ingin memotong pohon ini yang disembah selain Allah.’ Maka dengan serta-merta setan berkata,’kamu telah bohong, aku akan menghalangimu dari menebangnya,’ laki-laki itu pun berusaha menebangnya namun setan menghalanginya dan terjadi pergumulan sehingga setan mampu mencekik laki-laki itu, dan ia berkata,”Tahukah kamu siapa aku?’ maka dia pun memberitahukannya bahwa dirinya adalah setan.
Setan berkata,’pada pertama kali engkau datang adalah semata-mata murka karena Allah, sehingga aku tidak memiliki jalan untuk menghalangimu. Maka aku pun memperdayamu dengan dua dinar, dan sekarang kamu datang bukan murka karena Allah, melainkan karena dua dinar tersebut, maka dengan mudah aku bisa menghentikanmu dan menguasaimu.” (Mikhtashar Minhaj al Qosidhin hal 348).

Dikisahkan dari Abu Tsumamah bahwa orang-orang al Hawariyyin pernah bertanya kepada Isa as tentang orang-orang yang ikhlas. Maka beliau as menjawab,”yaitu orang yang beramal dan tidak menyukai pujian orang lain.” (Al Jami’ Li Ahkamil Qur’an jilid V hal 389)

> Kemudian mengapa iblis tidak bisa menyesatkan orang-orang yang ikhlas yang semata-mata hanya mengharap ridhaNya ?

Hal itu dikarenakan mereka adalah orang-orang yang senantiasa menjadikan seluruh aktivitas ibadahnya hanya untuk Allah swt saja, bukan untuk riya atau mencari kemasyhuran di mata manusia. Keikhlasannya menjadi benteng dan pertahanan yang sangat kokoh untuk bisa ditembus oleh setan apalagi dikuasai oleh mereka.
Semoga tulisan ini bisa mendatangkan manfaat bagi kita semua,,,
Aamiin,,,

0 comments:

Post a Comment